Selasa, 05 April 2011

Dirilis, Pil KB Non-Hormonal!

SELAMA ini, kebanyakan pil keluarga berencana (KB) dan beberapa suntikan pengendali kehamilan mengandung hormon progestin dan estrogen sekaligus. Keduanya serupa dengan hormon-hormon alami yang dihasilkan tubuh Anda, yakni estrogen dan progesteron.

Para ilmuwan dari University of California, San Francisco membuat penemuan yang dalam waktu dekat akan memungkinkan perempuan mendapat alat kontrasepsi non-hormonal. Mereka menemukan zat biologis aktif, yang menarik spermatozoa untuk bakal biji selama pembuahan.

"Jika tindakan tersebut dihalangi, tidak akan perlu menekan proses ovulasi dengan bantuan hormon, karena dapat mengontrol kelahiran sebagaimana pil modern bekerja," kata penulis tentang penelitiannya yang dilansir Genius Beauty, Selasa (5/4/2011).

Bukan rahasia bahwa pil KB memiliki sejumlah efek samping yang tidak menyenangkan. Para penulis menuturkan harapan penemuannya untuk menemukan cara non-hormonal untuk membuat bakal biji tidak menarik, namun, sebaliknya, mengasingkan spermatozoa.
(nsa)

Tidak ada komentar: